Get data dari database DB2 Menggunakan Microsoft Query di Excel

Di Artikel ini kita dapat mempelajari bagaimana cara mengkoneksikan dan mengambil data dari database DB2 untuk di import ke dalam Excel menggunakan Microsoft Query.

Driver ODBC for DB2 digunakan sebagai interface untuk menghubungkan data DB2 dengan aplikasi seperti Microsoft Access dan Excel. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menggunakan Microsoft Query untuk mengimpor data DB2 ke dalam Excel dan memberikan nilai ke Query berparameter dari sel dalam Excel

Tentukan terlebih dahulu properti koneksi di ODBC DSN (nama sumber data). Langkah ini kita jalankan setelah melakukan instalasi driver. Anda dapat Menggunakan Microsoft ODBC Data Source Administrator untuk memkbuat dan mengkonfigurasikan ODBC DSNs.

Ikuti langkah berikut ini :

1. Di Excel, buka tab Data dan pilih From Other Source -> From Microsoft Query.


2. Pilih DBHR. Kemudian Click OK


    Masukkan user ID dan Password, kemudian Click OK



    Pilih DBHR. Kemudian Click OK

3. Di Menu Query Wizard Pilih Table yang akan anda Import kedalam Excel, kemudian Click Panah Ke kanan untuk menambahkan ke Query


4. Di menu Filter Data memungkinkan Anda menentukan kriteria. Misalnya, Anda dapat membatasi hasil dengan menetapkan rentang tanggal


kemudian Urutkan berdasarkan Nomer Employee (urutannya di sesuaikan sesuai    kebutuhan)



5. Jika Anda ingin menggunakan parameter dalam Query, pilih opsi View or edit Query in Microsoft Query.



6.  Untuk menetapkan parameter dalam Query, Anda perlu memodifikasi  SQLnya. Untuk melakukannya, klik tombol SQL di Editor Query. Jika Anda menetapkan kriteria filter sebelumnya, Anda seharusnya sudah memiliki klausa WHERE dalam Query.



Untuk menggunakan parameter, gunakan tanda "?" karakter sebagai karakter wildcard untuk nilai bidang dalam klausa WHERE. Misalnya, jika Anda mengimpor table karyawan Baru, anda dapat mengatur date of Join "DOJ=?".


7. Click OK Menu SQL setelah Anda selesai mengedit SQL Statement. Anda akan diminta  untuk memasukkan nilai parameter. Pada langkah berikutnya, Anda akan memilih sel untuk memberikan nilai ini. Jadi, biarkan kotak di dialog kosong.

8. Tutup Microsoft Query. data yang di Import akan ditampilkanMasukkan sel tempat hasil harus diimpor.



9. Tutup Menu Impor Data. kemudia Anda akan diminta untuk memasukkan nilai parameter. Klik tombol di sebelah kotak parameter untuk memilih sel. Pilih opsi Refresh automatically cell value changes



Sekarang data telah berhasil diimpor ke Excel. Saat Anda mengubah nilai di sel B1 dan B2, data akan difilter menurut kriteria pencarian yang ditentukan.




Selamat Mencoba Teman-teman semua, Jika ada yang ingin ditanyakan bisa isi dicommand berikut.

Terimakasih




Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post