Apa Itu PageFile.sys di Windows, dan Haruskah Anda Menghapusnya?



Sistem Operasi dari Microsoft yaitu Windows menggunakan PageFile untuk menyimpan data yang tidak dapat disimpan oleh RAM (Random Access Memory) secara otomatis. Meskipun Anda dapat mengubah settingan PageFile, Windows dapat mengelola PageFile dengan baik.

PageFile di windows sering disalahpahami. Orang-orang cenderung melihatnya sebagai penurunan kinerja ketika menggunakan PageFile dari pada RAM di komputer Anda, tetapi memiliki Pagefile lebih baik dari pada tidak memilikinya.

PageFile merupakan "Memory Virtual" atau "Memory Swap". Saya selaku penulis di artikel ini sebenarnya tidak menyarakan untuk menghapus PageFile. saya lebih menyarankan anda untuk memindahkan atau memperkecil size atau ukuran dari PageFile di banding menghapusnya.


Bagaimana cara kerja PageFile

PageFile secara default terletak di c:\pagefile. Namun, karena PageFile adalah file sistem yang dilindungi, Anda tidak akan dapat melihatnya secara default. Untuk melihat file, ikuti langkah-langkah berikut :

1. Open Windows Explorer
2. Click Drive c:\ atau d:\ 
3. Click Organize -> Folders and Search Options


4. Scroll ke bawah dan uncheck "Hide protected operating system files (Recommended)"
5. Click OK untuk menutup Folder Options window

Sekarang anda akan melihat file pagefile.sys di drive sistem Anda. (Penulis menempatkan pagefile.sys nya di drive d:\)


Komputer menyimpan file, program, dan data lain yang digunakan di RAM, karena membaca dari RAM jauh lebih cepat daripada membaca dari hardisk. Misalnya, ketika Anda membuka Crome, file program Crome dibaca dari hardisk dan ditempatkan ke dalam RAM. kemudian Komputer menggunakan salinan dalam RAM dari pada berulang kali membaca file yang sama dari hardisk.

Program menyimpanan data di kerjakan di RAM. Saat anda membuka halaman web, halaman web tersebut didownload dan disimpan ke dalam RAM. Saat Anda menonton video YouTube, video tersebut disimpan di RAM juga.


Mengelola PageFile

Microsoft Windows secara otomatis mengelola pengaturan PageFile dikomputer anda. Namun, jika Anda ingin menyesuaikan pengaturan file halaman, Anda dapat melakukannya dari  Menu Setting. Click Start, ketik Advanced System Settings di Start menu kemudian tekan enter untuk membukanya.



Click the Tombol Settings di bawah performance



Click Advanced tab dan click tombol Change di bawah Virtual memory


Windows secara otomatis mengelola pengaturan PageFile Anda secara default. Sebagian besar pengguna harus membiarkan pengaturan ini dan membiarkan Windows membuat keputusan terbaik untuk Anda.


Restart Komputer setelah melakukan perubahan.


Dalam beberapa situasi lebih baik PageFile dipindahkan drive lain. Jika memiliki dua hardisk terpisah di komputer, dengan asumsi satu adalah drive sistem dengan program Anda terinstal di dalamnya dan satu lagi adalah drive data yang jarang digunakan, memindahkan Pagefile halaman ke drive data berpotensi menawarkan beberapa peningkatan kinerja di komputer anda.

ini hanya akan membantu jika Anda benar-benar memiliki dua hard drive terpisah di komputer Anda. Jika Anda memiliki satu hard drive yang dipisahkan menjadi beberapa partisi, masing-masing dengan drive sendiri, ini tidak akan melakukan apa pun. Apakah itu dipartisi atau tidak, itu masih hard drive fisik yang sama.

Singkatnya, PageFile adalah bagian penting dari Windows. Meskipun jarang digunakan, sangat penting untuk menyediakannya untuk situasi di mana program menggunakan memori yang sangat besar.

1 Comments

Post a Comment

Post a Comment

Previous Post Next Post