Cara Menghitung Total Jam kerja di Excel (Lompat Hari)

Halo teman-teman semua,  pada Tips and Triks kali ini kita akan membahas bagaimana cara menghitung total jam kerja di excel yang lewat tangah malam atau biasa disebut lompat hari.

Ada rumus khusus untuk total jam kerja lewat tengah malam di excel

sebelum memulai, yuk sama-sama kita membuka Aplikasi Excelnya, kemudian teman-teman buat table seperti yang penulis contohkan di bawah ini. 



Pastikan Format Cell di kolom Jam Masuk dan Jam Pulang seperti dibawah ini.


Seperti biasanya untuk membuat rumus Total Jam kerja kita menggunakan Jam Pulang dikurangkan dengan Jam Masuk, maka kita akan medapati total jam kerjanya, wah sangat mudah sekali yaa, tetapi Rumus ini ini hanya berlaku untuk yang jam kerjanya di hari yang sama, misalkan masuk jam 8 pagi (08:00 AM) dan pulang jam 5 Sore (5:00 PM).



Problemnya adalah dengan cara seperti biasa diatas tidak bisa digunakan untuk menghitung total jam kerja yang lewat tangah malam.

Contohnya seperti dibawah ini jika menggunakan rumus yang biasa, rumusan tersebut tidak bisa menghitung seperti yang terlihat di kolom G3


disini penulis mencontohkan pada hari jumat karyawan masuk kerja jam (8:00 AM) "Pagi hari" dan Pulang Kerja hari sabtu jam (06:00 AM) "Esok harinya". kenapa karyawan pulang lewat tengah malam karena karyawan tersebut ada pekerjaan yang belum terselesaikan di hari yang sama. maka dari itu kita memerlukan fungsi IF untuk menghitung jam dengan benar.

Mari kita mulai...
Pertama, ketik = "sama dengan"  di cell yang ingin kita lihat hasilnya, penulis mencontohkan di kolom G3  =IF , Double Click di IF maka akan muncul option seperti dibawah ini :


seperti yang kita lihat di atas, agar rumusnya berfungsi, kita perlu memasukkan test logika terlebih dahulu, kemudian intruksikan ke Excel untuk bekerja jika kondisinya benar, setelah itu kita memerlukan nilai di excel yang harus di hitung jika test logika nya salah.


untuk menghitung total jam kali ini penulis akan memandu anda step by step cara kerja fungsi IF.  buat rumus seperti yang terlihat di bawah ini :




=IF(E7>F7,F7+1,F7)-E7

Penjelasannya : ketik sama dengan (=) ketik jika (IF) ketik buka kurung "(" click "Jam Masuk" (cell E7) lebih besar dari "Jam Pulang" (cell F7) ketik koma (,) (berikan kondisi yang benar) maka click "Jam Pulang"  (cell F7) di tambahkan + 1 (yang berarti Jam Pulang adalah next day), ketik koma lagi (,) (berikan kondisi yang salah) click "Jam Pulang"  (cell F7) disini kita instruksikan ke excel bahwa Jam Pulang bekerja di hari yang sama. kemudian ketik tutup kurung ")" kemudian kurangi dengan Jam Masuk bekerja -E7 kemudian enter maka lihatlah hasilnya.



sekarang teman-teman bisa melihat bahwa perhitungan (22 jam) adalah akurat. dan rumus tersebut juga bisa di gunakan untuk jam masuk dan jam pulang di hari yang sama.

Selamat mencoba









Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post