2 Cara Screenshot di Windows 10

 

Sebagai Penulis Blog di MonggoHR, Pengambilan gambar di layar atau disebut screenshot adalah sesuatu yang harus saya lakukan berkali-kali setiap harinya. Screenshot ini dilakukan untuk menunjukkan kepada pembaca agar memahami bagaimana sebuah program terihat beroperasi. dari tulisan yang saya buat kebanyakan menggunakan perangkat lunak Windows, jadi saya terbiasa dengan berbagai cara untuk melakukan ScreenShot pada system operasi tersebut.

Sebenarnya Windows telah memiliki kemampuan ScreenShot sejak PC generasi Pertama, basisnya masih Text dan sangat berbeda dengan sekarang. Windows 10 memperkenal cara baru untuk screenshot seperti  menggunakan Utility Snip & Sketsa.

Di sini kita akan mempelajari beberapa cara ScreenShot di Windows 10.

1. Menggunakan Tombol Print Screen (PrtSc) Di keyboard

caranya adalah dengan menekan tombol   Win+Prt Sc secara bersamaan maka akan menyimpan ScreenShot sebagai File.

Tip: Jika menggunakan Tablet Windows 10 tanpa keyboard, ScreenShot nya tekan Power+Volume Turun, Jika ada tombol logo Windows di layar tablet, tekan Windows+Volume Turun.

ScreenShot akan tersimpan sebagai file PNG di folder bernama "ScreenShots" di dalam folder Pictures. dan jika melakukan beberapa ScreenShot, maka masing-masing akan otomatis menjadi file PNG dengan Nama File dan nomor.

Untuk hasil capturenya bisa di lihat di lokasi berikut:
C:\Users\User\Pictures\Screenshots



2. ScreenShot Menggunakan Snip & Sketch 
Windows 10 memiliki Utility Snip & Sketch yang menyediakan ScreenShot yang sangat mumpuni. Teman-teman bisa menggunakannya untuk screenShot layar di area tertentu. 

Untuk mengambil Screenshot dengan cepat dengan Snip & Sketch, tekan Windows+Shift+S. Layar Anda akan tampak abu-abu dan mouse Anda akan berubah menjadi crosshair.


Anda akan melihat beberapa tombol di bagian atas layar Anda. Pilih fungsi yang Anda inginkan. Dari kiri ke kanan, berikut adalah fungsi dari tombol:

Rectangular Snip: Anda akan dapat menggambar persegi panjang di atas layar Anda dengan kursor. Windows akan menyimpan tangkapan layar dari area di dalam persegi panjang.
Freeform Snip: Anda dapat membuat garis bentuk sembarang di layar dengan kursor (atau stylus atau jari pada layar sentuh). Windows akan menyimpan tangkapan layar dari area yang Anda gambar.
Window Snip: Kursor akan berfungsi sebagai crosshair. Anda dapat memposisikannya di atas jendela dan klik untuk mengambil tangkapan layar dari jendela itu saja.
Fullscreen Snip: Tombol ini mengambil screenshot dari seluruh tampilan Anda.
Close Snipping: Tutup overlay tanpa mengambil tangkapan layar. (Anda juga dapat menekan Esc pada keyboard Anda untuk melakukan ini.)



Demikian 2 cara ScreenShot Di windows10, sangat mudah bukan, Teman-teman bisa mencobanya.

Terimakasih

Post a Comment

Post a Comment (0)

Previous Post Next Post